NaR9Nax9LWVcLGx7LGB6LGJ4NTcsynIkynwdxn1c
Download Buku Merdeka Untuk Palestina, Sehimpun Puisi Penyair Indonesia

Download Buku Merdeka Untuk Palestina, Sehimpun Puisi Penyair Indonesia


IRFANIBUKU.COM - Download Buku Merdeka Untuk Palestina, Sehimpun Puisi Penyair Indonesia

Sebelumnya tentu kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada para donatur, pembeli buku, penyair, dan semua pihak yang mendukung penerbitan dan penjualan buku ini. Adapun hasil penjualannya telah kami salurkan melalui Lazismu untuk disalurkan kepada warga Palestina (laporan terdapat di halaman belakang buku). Sekali lagi terima kasih. Tanpa dukungan dari berbagai pihak upaya ini niscaya tidak akan membuahkan hasil.

Maka, buku digital ini kami persembahkan sebagai bentuk laporan sekaligus sumbangan untuk teman-teman pembaca yang ingin menikmati puisi-puisi dalam buku ini. Semoga dapat dicerap ide-ide dan harapan, terlebih doa agar kita sebagai warga Indonesia yang juga warga dunia bisa bersuara untuk tegaknya keadilan di muka bumi ini.

Pengantar

Ali bin Abi Thalib berkata, “Dia yang bukan saudaramu dalam iman, adalah saudaramu dalam kemanusiaan.” Jadi, sudah sepantasnya dunia—kita semua—mulai membuka mata, bahwa konflik yang terjadi di Palestina belakangan ini adalah perkara kejahatan kemanusiaan, bukan belaka perkara agama. Sentimen agama memang mampu menghadirkan atensi besar sekaligus luapan emosi yang menggebu. Namun, apakah sentimen agama mampu menjadi solusi bagi konflik yang terjadi? Atau, semangat keagamaan mesti hadir dalam wujud sentimen kemanusiaan universal. Sebab, segala kejahatan kemanusiaan adalah musuh yang nyata bagi agama manapun.

Mengapa puisi? Donasi uang tunai—lebih-lebih dalam bentuk puisi—mungkin merupakan hal yang kecil, jika dilihat dari segi materi. Namun, ini merupakan upaya untuk membantu meringankan beban bangsa Palestina. Di sisi lain, puisi memiliki kekuatan menyampaikan ide perdamaian dan kemerdekaan. 

Puisi, seperti kata Goenawan Mohamad, merupakan sebuah peristiwa, atau setidaknya gambaran peristiwa. Dalam peristiwa itulah “bunyi” hadir menjadi kekuatan. Bunyi pada puisi mampu menghadirkan sugesti kepada pembaca untuk mencerap, bahkan memaknai lebih luas deretan kata yang tersaji. Semoga demikian pula dengan puisi-puisi dalam buku Merdeka untuk Palestina ini.

Syahdan, kita berharap gagasan-gagasan yang tersaji dalam buku kecil ini memberikan pesan agar kita memiliki keperbihakan yang nyata. Bahwa sekecil apa pun bentuknya, kita mesti bersikap dan memastikan berada di pihak yang mana. Membela yang tertindas atau abai sama sekali. Tabik!

Identitas Buku

Judul: Merdeka untuk Palestina, Sehimpun Puisi Penyair Indonesia
Ukuran dan tebal: 12x20cm, 134 halaman
ISBN: 978-623-96778-8-6

Penyair: Kyai Cepu, Hilmi Faiq, Desvian Bandarsyah, David Efendi, Amar Ar-Risalah, Wibam, Syarif Hidayatullah, Ahmad Soleh, Elka Bonie, Ari Susanto, Hendra Fokker Prasetyo, Ahmad Ruslan, Sugeng Riyanto, Dinar A Rousa, Zulkarnain Mahfud, Mustopa, Satrya Karunia T.H., Cahyo Imam Prakoso, Amir Mujahid, Dast, Eka Yuliani, Mamay Nurbayani, Nunung Ratningsih, Abang Zikay, Dewi Relite, Agung T. Prawoto, Arvida Rizzqie Hanita, Zahra Margareta, Mega Saputra, Anton Raj Malhotra, Mansurni Abadi, Dian L. Izwar, Achmad Abbi, Munawar, RullyOnzo, Intan Maharani, Maria Kurniawati, Irwansyah, Imed, Stella Yan Marbella, Taufik Alamsyah, Selvi Rahma Triana, M.L. Safarwadi, Ruly Anggrainy, Ifal Subakti, Rizky Wicaksono Putro, Silvi Asna, Abdul Latif

Penyusun dan Penata Letak: Ahmad Soleh
Penerbit: Semesta Irfani Mandiri
Cetakan I: Juni 2021

SILAKAN DOWNLOAD BUKU INI DENGAN KLIK LINK BERIKUT INI:

Terima kasih. Jangan lupa disebarluaskan.

Comments

Formulir Pemesanan via Whatsapp