NaR9Nax9LWVcLGx7LGB6LGJ4NTcsynIkynwdxn1c
7 Makna Menulis Buat Hidup Kita

7 Makna Menulis Buat Hidup Kita


PENERBIT IRFANI - 7 Makna Menulis Buat Hidup Kita

Oleh: Ahmad Soleh (Penulis, Editor, Pegiat Literasi)

Halo, kawan-kawan Akademi Menulis Irfani (AMI) 2023 yang berbahagia! Semoga sehat selalu menyertai hari-hari produktif kita. Izinkan saya berbagi pengetahuan dan pengalaman seputar kepenulisan. Kali ini, saya akan berbagi tentang 7 makna menulis buat hidup kita. Sila disimak!

**
Menulis adalah kegiatan yang banyak memberikan manfaat positif. Selain dapat menghasilkan karya, menulis juga dapat menjadi ruang buat kita menuangkan berbagai kegelisahan ataupun imajinasi dan gagasan. Dengan menulis, kita telah menghidupkan nalar kreatif, reflektif, dan analitis dalam diri kita.

Menulis pasti memberikan makna tersendiri bagi siapa pun yang melakukannya atau menjadikannya kegiatan rutin. Misalnya saja, menulis buku harian atau diary, menulis di blog, dan sebagainya. Bila kebiasaan menulis sudah menjadi bagian hidup kita, yakinlah suatu saat nanti akan kita rasakan manfaatnya.

Berikut ini merupakan 7 makna menulis buat hidup kita:

1. Menulis Sebagai Penyembuhan Diri

Writing is healing, menulis adalah penyembuhan diri. Kita dapat menjadikan aktivitas menulis sebagai ruang untuk menumpahkan segala hal yang selama ini menjadi beban pikiran. Dengan menuliskannya, hati dan pikiran akan terasa plong. Menulis dapat meringankan beban psikologis yang kita alami.

2. Menulis Sebagai Media Mengenal Diri

Semakin sering menulis, kita akan jauh lebih dalam merenungi diri. Menulis membutuhkan ruang perenungan yang dalam. Banyak merenung akan membuat kita semakin mengenal diri kita sendiri. Bagaimana sikap dalam menghadapi masalah, bagaimana memikirkan solusi menghadapi cobaan hidup, dan sebagainya.

3. Menulis Dapat Menambah Wawasan

Menulis itu mengikat ilmu. Ya, membaca merupakan aktivitas menyerap informasi yang apabila dilengkapi dengan aktivitas menulis, informasi yang kita terima akan lebih lekat di dalam otak. Sebab, ketika menulis, kita akan berupaya konsentrasi dan fokus pada informasi itu, sehingga ia akan semakin melekat.

4. Menulis Merawat Ingatan

Aktivitas menulis biasanya membuat kita berusaha keras mengulang-ulang apa yang kita baca dan amati. Hal ini membuat semakin lama kita menekuni aktivitas menulis, semakin terasah pula otak kita untuk mengingat.

5. Menulis Menyebarkan Gagasan

Gagasan yang disalurkan dalam tulisan dapat dengan mudah disebarkan. Bisa melalui media sosial, blog, website, ataupun media massa. Dengan begitu, akan banyak orang yang membaca tulisan kita dan mencoba menangkap gagasan yang kita tuliskan.

6. Menulis Sebagai Bukti Eksistensi

Bagi sebagian besar orang, eksistensi itu amat penting. Nah, menulis dapat menjadi bukti eksistensi diri kita. Baik itu dalam wujud karya tertentu, sastra misalnya. Ataupun tulisan nonfiksi yang membahas isu-isu terkini untuk menunjukkan sikap kita.

7. Menulis Sebagai Ibadah

Meninggalkan jejak kebaikan dapat memberikan efek domino yang positif. Tulisan inspiratif, dakwah, ilmu pengetahuan, maupun ajakan mengerjakan kebaikan dapat kita terapkan. Hal ini dapat bermakna bahwa menulis dapat menjadi ibadah bagi penulisnya.

**
Itulah 7 makna menulis buat hidup kita. Mungkin saja ada beberapa yang tidak sesuai dengan kawan-kawan, tapi memang begitulah menulis, tinggal kembali kepada apa tujuan awal kita menulis. Salam literasi pencerahan!

Comments

Formulir Pemesanan via Whatsapp