NaR9Nax9LWVcLGx7LGB6LGJ4NTcsynIkynwdxn1c
Dinamika Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar di Indonesia dan Mancanegara

Dinamika Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar di Indonesia dan Mancanegara



PENERBIT IRFANI - Perkembangan kurikulum dari suatu negara memberi petunjuk bahwa proses pendidikan di negara tersebut sedang mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Pentingnya mencermati dinamika kurikulum perlu mendapatkan perhatian serius dari berbagai kalangan dan khususnya stakeholders. Hal itu memberi dampak positif dalam pembangunan anak bangsa agar tidak tertinggal oleh tuntutan perkembangan zaman, mampu menjawab berbagai perubahan dalam kehidupan, dan dapat beradaptasi dengan tantangan masa depan.

Banyak pelaku pendidikan khususnya di Indonesia menyikapi adanya perubahan kurikulum dengan berbagai sikap, baik positif, adaptif, maupun sebaliknya. Hal ini mendorong penulis mencoba memberikan pencerahan berbasis tinjauan akademik, tentang kemengapaan kurikulum dalam proses penyelenggaraan pendidikan perlu mengalami perubahan dan kebaruan. Melalui buku ini sangat diharapkan dapat membantu menjawab ketidakpastian sikap tersebut, sekaligus melengkapi tambahan pengetahuan, khususnya bagi mahasiswa keguruan/calon guru, maupun para praktisi pendidikan secara umum.

Buku ini membahas tentang: prinsip dan teori pendidikan sebagai hakikat pengembangan kurikulum, konsep tentang karakteristik perkembangan kurikulum berbasis holistic integrative, serta mendukung implementasi kebijakan merdeka belajar pada tahap pendidikan dasar, analisis kurikulum yang pernah berlaku di Indonesia sejak tahun 1947 sampai dengan pemberlakuan Kurikulum Merdeka.

Mengingat pentingnya kedudukan kurikulum dalam satuan Pendidikan, maka penulis menyisipkan materi pengetahuan tentang analisis konteks (Analisis SWOT) yang berkaitan dengan penyusunan Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah, serta korelasinya dalam pengembangan kurikulum pendidikan dasar.

Untuk memotivasi betapa pentingnya kita sebagai praktisi pendidikan meningkatkan literasi bidang kurikulum di dunia, maka pada bagian akhir buku ini menyajikan materi tentang: perbandingan implementasi kurikulum pendidikan dasar di mancanegara, di antaranya: Korea Selatan, Mesir (Afrika Timur), Afrika Selatan, Thailand, Jepang, Inggris, Australia, Amerika Serikat, dan Perancis.

Semoga paparan penulis dalam buku ini dapat bermanfaat bagi semua pihak, khususnya untuk perbaikan dan kebaikan penyelenggaraan pendidikan di Indonesia. Kita sadar bahwa kedudukan kurikulum dalam proses layanan pendidikan merupakan ruh yang dapat menggerakkan semua komponen komunitas pendidikan.

Identitas Buku

Judul: Dinamika Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar di Indonesia dan Mancanegara
Penulis: Dr. Otib Satibi Hidayat, M.Pd.
Editor: Yesi, Yosi Wulandari, dan Fajar
Penata Letak Isi: Fajar
Desain Sampul: Muhammad Haqqiyuddin Robbani

Cetakan I: Oktober 2023
Ukuran: 15,5 x 23 cm
Tebal: xxi + 341 halaman
ISBN: -

Comments

Formulir Pemesanan via Whatsapp