NaR9Nax9LWVcLGx7LGB6LGJ4NTcsynIkynwdxn1c
Risalah Digital; Narasi Reflektif untuk Merespons Era Kekinian

Risalah Digital; Narasi Reflektif untuk Merespons Era Kekinian



PENERBIT IRFANI - Risalah Digital; Narasi Reflektif untuk Merespons Era Kekinian

Judul: Risalah Digital; Narasi Reflektif untuk Merespons Era Kekinian
Penulis: Aina Wulan Pratiwi, Aulia Putri Al Jannah, Wahdana, Fita Apriaulia Kusuma Anggorojati, Hakam Almas Arrobih, Muhammad Nabil Alfarizi, Puspa Dwi Destiana, Humaira Zildani, Bayujati Prakoso, Leni Rachmawati, Muhammad Ikhlas Prayogo, Afifah Khoirun Nisa, Siti Asiah, Dedi Mursadi, Fadhlan Rahman Hidayat
Editor: Bayujati Prakoso & Muhammad Ikhlas Prayogo
Penata Letak & Desain Sampul: Tim Kreasi Irfani

Cetakan I, Mei 2024
Ukuran: 14x20 cm
Tebal: x + 91 halaman
ISBN: -

Sinopsis

Buku yang ditulis oleh beberapa kader IMM di DKI Jakarta dengan judul Risalah Digital: Narasi Reflektif untuk Merespons Era Kekinian merupakan bentuk karya antologi hasil refleksi dari para kader IMM dalam memandang era digital seperti saat ini. Arti kata ‘risalah’ di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, yaitu yang dikirimkan (surat dan sebagainya); surat edaran (selebaran); karangan ringkas mengenai suatu masalah dalam ilmu pengetahuan. Jika dikaitkan pada buku ini bahwa ulasan-ulasan dalam buku ini sebagai surat atau pesan tertulis atas realitas digital dan aktivisme dalam organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah. Buku ini diharapkan mampu menjadikan garis kebijaksanaan dalam menjalankan kehidupan sekaligus menjawab tantangan di era digital seperti saat ini. Dengan mengambil judul Risalah Digital diharapkan menjadi suatu wacana baru terhadap realitas dan keadaan di era digital.

Buku yang ditulis oleh kader-kader IMM di DKI Jakarta ini memuat tiga bahasan, yaitu tentang literasi digital, kemudian mengenai pemuda dan realitas masa kini, dan yang terakhir seputar gerakan literasi IMM. Ketiga tema ini diramu oleh para penulis berdasarkan tinjauan, refleksi, dan gagasan masing-masing. Buku antologi yang dibuat pasca kegiatan Digital Literacy Activism 2023 ini menjadi bentuk respons generasi muda untuk ikut andil dalam memberikan gagasan-gagasan reflektif dan konstruktif atas ragamnya kondisi terkini; era digital yang menuntut adanya pentingnya bekal literasi digital, kemudian peranan anak muda dalam melihat ralitas terkini, serta meninjau peran kader IMM di masya-rakat. Kebutuhan untuk memberi andil pada bangsa melalui tulisan menjadi kompetensi yang penting.

Pada kondisi demikian, buku ini mencoba berusaha memotret realitas digital dan peranan anak muda saat ini secara reflektif dan konstruktif untuk keadaan di masa kini dan mendatang. Berusaha memberikan stimulus berupa gagasan akan kondisi digital saat ini, upaya menyikapi atas kondisi yang ada, dan meningkatkan kompetensi yang dibutuhkan, serta seraya memberikan saran-saran untuk keadaan kehidupan di masa kini dan mendatang menjadi bahasan dalam buku ini.

Comments

Formulir Pemesanan via Whatsapp