NaR9Nax9LWVcLGx7LGB6LGJ4NTcsynIkynwdxn1c
Persiapkan 5 Hal Ini Sebelum Berbicara di Depan Umum Biar Kamu Makin Percaya Diri

Persiapkan 5 Hal Ini Sebelum Berbicara di Depan Umum Biar Kamu Makin Percaya Diri

IRFANIBUKU.COM - Public speaking atau berbicara di depan umum bukanlah suatu hal yang mudah. Tak semua orang yang pernah berbicara di depan umum mampu melakukannya dengan baik. Kesulitan kerap melanda seorang pembicara. Mulai dari kesulitan menguasai forum, kesulitan mengendalikan fokus audiens, hingga sulitnya menyampaikan pesan yang mengena kepada pendengarnya. Namun, kesulitan itu sebenarnya bukanlah apa-apa dan bukan pula menjadi hambatan jika kamu mau berusaha

Persiapkan 5 Hal Ini Sebelum Berbicara di Depan Umum Biar Kamu Makin Percaya Diri

mempersiapkannya dengan baik. Nah, untuk itu kamu perlu mempersiapkan beberapa hal wajib ini sebelum berbicara di depan publik. Agar penampilanmu di depan umum tidak terkesan amatiran dan mampu membekaskan kesan yang baik kepada pendengar. Apa saja persiapannya? Kamu bisa catat beberapa poin di berikut ini.

1. Persiapan mental

Masalah percaya diri atau tidak, berani atau tidak, gugup atau tidak, itu semua bias dilatih. Caranya bagaimana? Pertama kamu bias membiasakan diri untuk berbicara di forum-forum kecil, seperti diskusi di kelas atau dengan cara klasik berbicara di depan cermin.
Selain itu, kamu juga bisa melakukan simulasi sederhana dengan teman atau keluargamu di rumah. Nah, jika sudah terbiasa menyampaikan pendapat atau berbicara di tengah forum, kamu tak akan keringetan lagi ketika berbicara di depan umum. Dan lagi, rasa gugup di awal itu hal yang wajar, selang beberapa menit berbicara, rasa itu akan hilang dengan sendirinya dan kamu mulai nyaman dan terbiasa.

2. Persiapan materi

Yang tak kalah penting saat akan berbicara di depan umum adalah persiapan materi. Terkadang, di atas podium semua yang kamu hafal bisa buyar begitu saja. Sehingga kadang terbata atau terlalu banyak menyebut “hmmm... hmm”. Maka dari itulah, kamu perlu mempersiapkan materi dengan matang. Kalau bisa jangan dihafal, tapi dipahami. Cara yang paling mudah adalah dengan membuat poin-poin pembahasan. Atau membuat mind mapping sederhana. Hal itu pasti sangat membantu kamu untuk memahami apa yang hendak kamu sampaikan lho.

3. Ketahui audiens

Selanjutnya yang mesti kamu kuasai adalah audiens. Pertama-tama kamu mesti tahu akan bicara di depan siapa. Anak-anak, mahasiswa, atau para pejabat? Hal itu penting agar kamu bisa mempersiapkan diri dengan lebih matang. Termasuk pemilihan kata, gaya bahasa, dan materinya. Pembicara yang baik adalah yang mengenal audiensnya. Karena dengan mengenal audiens, apa yang kamu sampaikan bisa lebih efektif nantinya. Sehingga ketika bicara di depan pun bisa tepat sasaran.

4. Siapkan gurauan

Kebosanan saat menyimak orang berbicara di depan adalah hal yang wajar dan sangat biasa terjadi pada audiens. Apalagi kondisi audiens yang banyak. Hal itu pasti tak terhindarkan. Maka sebagai pembicara yang baik, kamu harus tahu bagaimana cara memecahkan kebosanan itu. Jangan sampai melihat audiens yang ngantuk dan tak bergairah, kamu teruskan bicara yang serius. Dijamin hal itu akan membuat pendengar tambah ngantuk dan tidak focus dengan apa yang kamu bicarakan. Sebagus apa pun materinya, pada akhirnya akan mental begitu saja.
Maka, kamu mesti menyiapkan gurauan-gurauan kecil untuk kembali menarik perhatian pendengar. Membuat pendengar sedikit tertawa akan menyegarkan suasana forum. Kamu yang sedang berbicara di depan pun akan merasa lebih diperhatikan dan dihargai.

5. Penampilan menarik dan sesuai

Nah, hal yang tak kalah penting adalah penampilan. Untuk menjadi pembicara yang baik, kamu mesti buang anggapan “penampilan tak mencerminkan seseorang”. Karena berbicara di depan publik kamu bakal diperhatikan banyak orang. Kamu mesti tampil sebaik mungkin. Jika mental dan materi sudah kamu siapkan dengan baik, penampilan juga mesti kamu persiapkan dengan baik.
Tampil menarik tak ada salahnya bukan? Tampillah sebaik mungkin sesuai dengan forum yang akan kamu hadiri. Jika itu forum formal, kamu bisa memilih pakaian formal semisal kemeja, jas, atau baju batik. Jika semiformal, kamu bisa bergaya kasual dengan mengenakan kemeja dan celana jeans. Namun jika forumnya santai, kamu bisa berpenampilan santai pula yang penting tetap mencerminkan karakter dan pribadi kamu. Sekian hal wajib yang harus kamu siapkan sebelum berbicara di depan umum. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

Comments

Formulir Pemesanan via Whatsapp