NaR9Nax9LWVcLGx7LGB6LGJ4NTcsynIkynwdxn1c
Irfani Writing Challenge: Tulisan Abdul Khair

Irfani Writing Challenge: Tulisan Abdul Khair


IRFANIBUKU.COM - Oleh: Abdul Khair (@abdkhair45)

Budayakan baca sampai habis

Membaca dan menulis sudah mejadi rutinitas yang tak bisa terpisah dikeseharian manusia sekarang, yang secara perilaku menunjukan berkembangnya suatu peradaban. Kedua hal ini yaitu membaca dan menulis memang layaknya pasangan yang ditakdirkan demi terwujudnya suatu kesempurnaan peradaban itu sendiri.

Istilah "Penulis yang baik adalah pembaca yang baik" mungkin sudah sering kali kita dengar dikalangan akademisi dan orang -orang yang berkecimpung didunia kepenulisan. Menulis bukan hanya sekedar kegiatan yang mecoretkan tintah diatas kertas atau mengetikan huruf pada layar gadget.

Menulis merupakan kegiatan kompleks dengan unsur seni yang secara hakikat bersifat abstrak dalam dunia yang disebutkan oleh Plato dengan "idea" lalu disistematis dengan gagasan oleh Aristoteles yang dia sebut sebagai alat yang bernama "Logika" lalu dengan tersintesisnya kedua unsur ini muncullah sebuah karya yang disebut tulisan.

"Tulisan yang baik adalah tulisan yang ditulis dan diselesaikan" saya rasa menjadi motivasi yang tepat digunakan untuk kita yang baru belajar dalam dunia kepenulisan dan merasa tidak memiliki bakat didalamnya. Tak usah risau dengan ketidak bisaan kita dalam mensistematiskan tulisan karena ada kegiatan yang dinamakan "belajar".

Sedikit mengutip perkataan penulis senior yaitu Pramoedya Ananta Toer yang berkata "Kalau mau mengenal dunia, membacalah, kalau mau dikenal dunia, menulislah," mungkin bisa disebut sebagai motivasi untuk melakukan kegiatan belajar untuk menjadi bagian dari suatu kemajuan zaman, yaitu memiliki kemampuan dalam kepenulisan.

#menulisuntukkebaikan

#workshopmenulisfisipuhamka


"Kalau mau mengenal dunia, membacalah, kalau mau dikenal dunia, menulislah."

Pram

Comments

Formulir Pemesanan via Whatsapp