NaR9Nax9LWVcLGx7LGB6LGJ4NTcsynIkynwdxn1c
Tips Menulis Cerita Ala Boim Lebon

Tips Menulis Cerita Ala Boim Lebon


IRFANIBUKU.COM - Komunitas Bisa Menulis (KBM) menggelar webinar bertajuk Belajar dari Bintang, Rabu (3/3). Dalam webinar tersebut hadir seorang penulis serial komedi Lupus yang juga produser RCTI, Boim Lebon. Webinar yang membahas “Tips Melucu dalam Cerita” itu dimoderatori oleh penulis best seller, Asma Nadia.

Boim Lebon dalam sesi materi menyampaikan, melucu dalam menulis cerita komedi membutuhkan banyak referensi. “Bisa dari kehidupan nyata, kehidupan teman, lawakan orang lain,” ujar penulis yang dipercaya mengembangkan cerita Lupus Kecil dari serial Lupus karangan Hilman Hariwijaya tersebut.

Pria yang akrab disapa Haji Boim tersebut juga bercerita ketika Hilman membuat karakter jenaka dalam serial Lupus. Kejadian-kejadian waktu sekolah, kata dia, selalu diceritakan kepada Hilman untuk bahan materi ceritanya.

Para peserta webinar mengikuti materi dengan antusias. Boim Lebon pun membagikan tipsnya seputar menulis cerita komedi. Kata Haji Boim, menulis cerita komedi itu butuh banyak latihan bikin jokes. Selain itu, jokes yang sudah dibikin, dites kelucuannya kepada orang lain.

“Banyak-banyak latihan membuat jokes, setelah itu coba kepada teman,” ujar Boim. Dari itu, kata dia, akan terlihat kualitas jokes, apakah lucu atau tidak. “Begitu juga saat menulisnya, cobalah tulis lalu minta penilaian orang lain,” katanya.

Tips lainnya, ujar Boim, banyak mempelajari pola komedi atau lawakan orang lain. Dia mengaku banyak terpengaruh oleh teman-teman pelawak, seperti Cak Lontong.

Selain itu, dalam menulis cerita fiksi, kata Boim, juga hal-hal mendasar dalam cerita juga harus diperhatikan. Termasuk dalam hal menentukan judul yang lucu. “Judul itu minimal ya sesuai kaidahnya, mewakili isi, singkat, dan jelas. Misalnya, waktu itu pernah ada film 3 Idiot, lalu saya buat buku judulnya Bukan 3 Idiot. Terus, Mba Asma pernah buat buku judulnya Ayat Amat Cinta, plesetan dari film Ayat-Ayat Cinta,” ungkapnya.

*Konten ini diproduksi oleh tim Penerbit Irfani

Comments

Formulir Pemesanan via Whatsapp