NaR9Nax9LWVcLGx7LGB6LGJ4NTcsynIkynwdxn1c
Jangan Bingung, Begini Cara Membuat Judul Supaya Tulisanmu Menarik untuk Dibaca

Jangan Bingung, Begini Cara Membuat Judul Supaya Tulisanmu Menarik untuk Dibaca


IRFANIBUKU.COM – Judul tulisan merupakan faktor penting yang cukup menentukan apakah tulisan yang kamu buat menarik untuk dibaca atau justru sebaliknya, malesin. Judul yang terlalu berbelit, terlalu umum, atau struktur kalimatnya berantakan tentu kurang pantes dan kurang menarik buat memancing keinginan pembaca meneruskan membaca tulisanmu. Terus, gimana caranya supaya judul mampu menjadi magnet untuk tulisan kita?

Banyak penulis yang merasa kesulitan ketika menentukan judul untuk karyanya. Merasa tidak yakin dan tidak pede. Meskipun sebenarnya judul bisa saja ditemukan di awal, di tengah perjalanan menulis, atau justru di akhir proses menulis. Kesulitan itu salah satu tantangan yang mesti kamu taklukkan kalau mau tulisanmu dinilai bagus dan layak dibaca.

Nah, dalam rangka mengobati kebingungan kamu soal bagaimana caranya membuat judul supaya tulisan jadi lebih menarik, provokatif, dan bikin orang pengin baca terus-menerus, tim Irfani sudah merangkum beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat hendak menentukan judul untuk tulisanmu. Mari simak dan catat poin-poin pentingnya ya.

1. Buat Draf Judul


Tidak hanya naskah tulisan, judul juga perlu draf ternyata, gaes. Dalam pembuatan draf judul, kamu dapat mencoba beberapa alternatif judul yang sesuai dengan tema atau topik yang sedang kamu bahas dalam tulisanmu. Mula-mula, kamu dapat menuliskan tema umum, kemudian subtemanya apa, lalu inti topik pembahasannya apa. Nah, dari situ kamu bisa membuat beberapa pilihan judul untuk nantinya dipilih mana yang judul paling pas dan paling kece.

2. Kuasai Poin Pokok dalam Tulisan


Nah, yang kedua, kamu harus menguasai isi pokok, inti pembahasan, dari artikel yang kamu tulis. Bikin judul yang sesuai dengan pesan tulisan itu sangat penting. Di sini kita mesti pegang prinsip "judul itu wajah isi tulisan, yang mesti mencerminkan isinya." Karena prinsip utama judul adalah itu. Beda halnya jika sekarang ini banyak kita temukan judul yang tidak sesuai dengan isi, karena sekadar mengejar target viewer saja. Bahkan, judulnya pun terkesan terlalu dibuat-buat dan mengada-ada.

3. Jangan Kecewakan Pembaca


Usahakan agar pembaca tidak kecewa ketika membaca tulisanmu. Membuat judul yang klikbait memang bisa membuat orang lain penasaran, tapi kalau endingnya kapok, ya buat apa? Jangan bikin pembaca kapok untuk baca tulisanmu. Sebaliknya, kamu mesti benar-benar memastikan judul kamu tetap menarik tapi dengan isi tulisan yang juga tak kalah menarik. Jangan kecewakan ekspektasi pembaca.

4. Buatlah Judul yang Spesifik


Yang keempat, utamakan membuat judul sespesifik mungkin, singkat, dan menggunakan kata-kata kunci. Kamu bisa gunakan kalimat aktif agar lebih mudah dipahami orang lain. Kalimat aktif yang ideal tersusun dari pola dasar SPOK. Bila judul kamu lumayan panjang, usahakan tidak banyak membocorkan isi pokok tulisan. Pembaca tidak perlu menyelesaikan bacaannya jika ia sudah mendapatkan informasi lengkap dari membaca judul. Sebaiknya, upayakan judul yang kamu buat proporsional dan dapat dibaca dalam satu tarikan napas saja.

5. Perhatikan Keyword dalam Judul


Yang tak kalah pentingnya adalah bagaimana kita mengoptimalisasi kata kunci. Penting mengoptimalisasikan judul sesuai dengan keyword/kata kunci. Keyword akan menjadi penuntun orang lain menemukan tulisanmu dengan mudah karena akan terbaca oleh algoritma pencarian. Namun, usahakan keyword tidak terlalu terkesan maksa, karena endingnya tulisan akan terkesan kaku dan ya, gak enak dibaca. Sebab kenyamanan pembaca juga mesti kita prioritaskan. Bila keyword dirasa kurang cocok diletakkan di awal judul, kamu tidak harus meletakkannya di sana.

6. Mintalah Pendapat Orang Lain Dulu


Selanjutnya, kamu bisa menunjukkan judul yang kamu buat tersebut kepada teman yang kamu percaya dan yakin bisa memberikan penilaian objektif terhadap karya tulismu. Siapa tahu, dari sudut pandang lain, akan membuat kita memiliki alternatif yang lebih segar. Ide bisa datang dari mana saja dan kapan saja, bukan?

7. Riset Kecil Juga Penting


Sebagai penulis yang baik, kita mesti mengenali selera pembaca. Minimal hal itu akan menuntun kita dalam menentukan sasaran pembaca tulisan kita. Tidak ada salahnya jika kamu melakukan riset kecil-kecilan, baik di media sosial atau membaca artikel lain yang memiliki tema serupa. Kamu juga perlu banyak membaca dan mendengar untuk tahu bagaimana selera pembaca.

Cara lainnya, kamu bisa cek lebih dulu via search engine, siapa tahu judul yang kamu buat sudah terlalu pasaran atau kurang diminati oleh pembaca. Sebetulanya tidak terlalu bermasalah jika judul kamu banyak kemiripan dengan judul artikel lain, karena toh isi tulisannya tidak akan sama. Namun, mengenali selera pembaca memungkinkan tulisanmu juga mendapatkan banyak pembaca. Begitu juga ketika menentukan judul untuk buku. Judul tulisan yang hanya ditujukan untuk diri sendiri tentu kurang bermanfaat untuk pembaca.

8. Pancing Rasa Penasaran


Seseorang yang penasaran pasti mau tidak mau akan membaca tulisanmu. Sebab itulah ini bisa jadi trik yang kamu gunakan supaya tulisanmu menarik untuk dibaca lebih lanjut. Misalnya, kamu dapat menambahkan kata sifat di judul tulisanmu, seperti “menjanjikan”, “terbaik”, “terpopuler”, atau kata lain yang dapat menggugah rasa penasaran pembaca.

9. Buatlah Pembaca Seakan Terlibat


Kamu juga bisa membuat pembaca seakan-akan terlibat dalam menentukan isi pembahasan tulisanmu. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kalimat pertanyaan. Berikut contohnya: “Ingin Kuliah Gratis di Luar Negeri? Kuasai tiga hal ini” atau “Apakah Anda Yakin Menu Makan Malam Anda Bebas Kolesterol?”

Judul yang mengandung kalimat pertanyaan dapat membangkitkan keingintahuan pembaca. Sekaligus membuat mereka meyakini akan menemukan solusi permasalahan yang mereka cari. Cara ini bisa kamu gunakan buat tulisan yang sifatnya dekat dengan keseharian tapi jarang dibahas orang lain. Meskipun demikian, kamu harus berhati-hati menggunakan kalimat pertanyaan. Bisa jadi kurang tepat dalam membuat judul, pembaca sudah menebak jawabannya sehingga tidak perlu membacanya. 

Namun, menggunakan kalimat pertanyaan ini hanya alternatif. Jangan sampai seluruh artikel di blog atau website kamu menggunakan judul format pertanyaan karena malah menjadi tidak menarik. Prinsip variasi juga mesti dipegang erat-erat, ya! Namanya juga dunia kreatif.

10. Tunggu Apa Lagi, Ayo Buat Judulmu


Nah, setelah membaca beberapa tips di atas, yang paling penting untuk kamu lakukan adalah mencoba membuat judul untuk tulisanmu. Bagaimanapun, perkara membuat judul untuk tulisan adalah sesuatu yang butuh pembiasaan, butuh latihan. Jadi, ayo kembali menulis dan bubuhi judul yang menarik pada tulisanmu! Pembacamu sudah tak sabar menanti tulisanmu.

*Konten ini dibuat oleh tim Penerbit Irfani

Comments

Formulir Pemesanan via Whatsapp