NaR9Nax9LWVcLGx7LGB6LGJ4NTcsynIkynwdxn1c
Menelusur Sejarah Muhammadiyah Depok

Menelusur Sejarah Muhammadiyah Depok


IRFANIBUKU.COM - Menelusur Sejarah Muhammadiyah Depok

*Ulasan ini terbit di Harian Republika edisi Jumat, 16 September 2022.

Berdirinya Persyarikatan Muhammadiyah pada 18 November 1912 di Yogyakarta, mungkin sudah menjadi pengetahuan umum, bahkan termaktub di buku-buku sejarah bangsa Indonesia. Namun, tidak banyak yang tahu bagaimana persyarikatan Muhammadiyah lahir di tanah Depok. Melalui buku bertajuk 30 Tahun Muhammadiyah Cabang Depok (1952-1982), Nawawi Napih mengungkapkan sejarah terbentuknya Muhammadiyah di Depok, yang saat itu masih berupa kecamatan bagian dari Kabupaten Bogor.

Nawawi menuturkan, tokoh yang membawa Muhammadiyah ke tanah Depok ialah KH Mutolib Usman. “Di Depok, KH M Usman orang yang pertama mengenalnya.” (2022: 15). Usman awalnya mendirikan Ranting Muhammadiyah di Kukusan. Hal itu buah dari usahanya menjalin persahabatan dengan tokoh-tokoh Muhammadiyah di Jakarta melalui Syuaib Alwahdi, guru sekaligus sahabatnya.

Karena keaktifannya sebagai organisatoris dan pendakwah, M Usman mulai dikenal banyak orang, termasuk tokoh dan pejabat Kecamatan Depok. “Pada tahun 1952, Kecamatan Depok dipimpin oleh Kamaludin, seorang warga Muhammadiyah berasal dari Jasinga, Kabupaten Bogor. Sebagai warga Muhammadiyah, kedua tokoh tersebut saling berkenalan. Atas perkenalannya itu mereka berdua bersepakat mendirikan Cabang Muhammadiyah Depok.” (2022: 20).

Tidak hanya itu, buku ini juga mengisahkan bagaimana masa awal dakwah Muhammadiyah di Depok menghadapi tantangan dan penolakan dari berbagai kalangan, bahkan sering dicap “wahabi” atau “orang wahabi” (2022: 38). Namun, berkat keteguhan dan semangat mendakwahkan Islam yang berkemajuan, Muhammadiyah Cabang Depok bisa hadir dan memberikan manfaat kepada masyarakat Depok.

Buku yang secara umum mengulas perjalanan dan dinamika Muhammadiyah di Rawadenok, Rangkepanjaya, ini dapat menjadi pemerkaya khazanah sejarah Muhammadiyah lokal. Penulisnya yang juga merupakan pelaku sejarah, tak sungkan membagikannya dalam bentuk narasi maupun lampiran dokumentasi yang disusun secara sistematis dan runut.

Identitas Buku

Judul Buku : 30 Tahun Muhammadiyah Cabang Depok (1952-1982); Asal-usul, Tantangan, dan Pengembangan
Penulis : H. Nawawi Napih
Editor : H. Ali Wartadinata
Penerbit : CV. Semesta Irfani Mandiri
Tebal Buku : ix + 150 halaman
Cetakan : Cetakan II, Agustus 2022



 

Comments

Formulir Pemesanan via Whatsapp