NaR9Nax9LWVcLGx7LGB6LGJ4NTcsynIkynwdxn1c
Pengembangan Model Ketuntasan Belajar Siswa ABK di SD Inklusi

Pengembangan Model Ketuntasan Belajar Siswa ABK di SD Inklusi


IRFANIBUKU.COM - PENGEMBANGAN MODEL KETUNTASAN BELAJAR SISWA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR INKLUSI

Pendidikan inklusif diartikan sebagai layanan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua anak belajar bersama-sama di sekolah umum dengan memperhatikan keragaman dan kebutuhan individual, sehingga potensi anak dapat berkembang secara optimal. Sekolah inklusi dianggap oleh masyarakat dapat memberikan manfaat bagi siswa umum maupun siswa ABK. Walaupun pendidikan inklusif di Indonesia sudah dirintis sejak tahun 2003 hingga saat ini 2021 (sudah 18 tahun), namun di dalam implementasi di lapangan banyak sekolah yang belum siap, hal ini dikatakan oleh dua orang kepala sekolah latar penelitian. Hal ini juga tertuang di dalam Rencana Induk Kementerian tentang pendidikan inklusif 2019-2024 bahwa dalam perspektif pendidikan inklusif yang di pandang sebagai masalah adalah (Kurikulum, guru, lingkungan).

Ternyata memang betul, di dalam penelitian menunjukkan bahwa kurikulum untuk siswa ABK masih sama dengan kurikulum regular, hanya bobotnya dikurangi dan disesuaikan dengan jenis dari kekhususan siswa ABK. Kompetensi guru untuk melayani siswa ABK terbatas (bukan lulusan SLB) dan belum memiliki Guru Pembimbing Khusus (GPK), juga belum memiliki program pembelajaran individual, hal ini juga disebabkan sarana dan prasana untuk sekolah inklusi sangat terbatas. Buku ini mengupas jenis ABK yang ada di sekolah inklusi, hakikat pendidikan inklusif, pengembangan model kurikulum pendidikan inklusif, evaluasi hasil belajar model sekolah inklusi, dan sarana prasarana sekolah inklusi.

Identitas Buku

Judul: PENGEMBANGAN MODEL KETUNTASAN BELAJAR SISWA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR INKLUSI; Konsep, Pola Rancangan, Evaluasi
Penulis: Dr. Connie Chairunnisa, M.M.
Editor: Dr. Connie Chairunnisa, M.M.
Penata Letak: Ahmad Soleh
Desain Sampul: Tim Penerbit Irfani
Cetakan I, September 2021
Ukuran, tebal: 15,5x23 cm, vi + 198 halaman
QRCBN: 62-438-0704-110


INFO PEMESANAN DAN PENERBITAN KLIK:

SAYA MAU!

Comments

Formulir Pemesanan via Whatsapp