NaR9Nax9LWVcLGx7LGB6LGJ4NTcsynIkynwdxn1c
Tips Memaksimalkan Waktu untuk Menulis

Tips Memaksimalkan Waktu untuk Menulis


 
PENERBIT IRFANI - Tips Memaksimalkan Waktu untuk Menulis

Oleh: Ahmad Soleh

Menulis memang membutuhkan konsentrasi, inspirasi, mood yang baik, dan waktu yang cukup. Terkadang, kesibukan yang bejibun, membuat waktu kita untuk menulis kian sempit. Sehingga, kita butuh cara praktis bagaimana memaksimalkan waktu yang kita punya untuk menghasilkan karya sebaik-baiknya.

Nah, kawan-kawan, tantangan itu memang harus kita hadapi. Begitulah cara manusia belajar. Untuk itulah, kali ini aku akan membagikan tips mengenai bagaimana memaksimalkan waktu untuk menulis dan menghasilkan karya yang baik.

1. Buatlah Jadwal untuk Menulis

Aku mesti membuat jadwal bila ada deadline tulisan. Aku selalu berusaha menyelesaikan tulisan sesuai atau lebih cepat dari deadline. Sehingga, tulisan bisa direviu kembali dan hasilnya bisa lebih maksimal. Ya, kuncinya kita punya komitmen untuk memulai dan menyelesaikan tulisan dengan baik.

2. Memilih Tempat yang Nyaman

Tempat yang nyaman untuk menulis itu menentukan banget sih. Aku butuh tempat yang sunyi dan tenang untuk menulis sesuatu. Tentu ya, soal ini bisa berbeda-beda buat setiap orang. Ada yang lebih produktif menulis di perpustakaan, kafe, bahkan di kamar sambil rebahan. Nah, memilih tempat yang nyaman bakal membuat kita lebih mudah memaksimalkan waktu untuk menulis.

3. Harus Punya Target dalam Menulis

Sebelum kita mulai menulis, tentukan dulu targetnya. Misalnya, hari ini aku ingin menyelesaikan satu bab, besok bab berikutnya, dan seterusnya. Atau, dalam satu jam ke depan, aku mau menyelesaikan satu esai atau satu artikel populer. Target bisa jadi motivasi buat kita buat memaksimalkan waktu.

4. Mencatat Ide Itu Penting

Ide bisa muncul kapan dan di mana saja. Tak kenal tempat dan waktu. Sebab itulah, aku selalu memanfaatkan smartphone buat mencatat setiap ide yang muncul secara tiba-tiba. Ini berguna banget buat maksimalkan waktu menulis. Jadi, saat waktunya tiba kita bisa uraikan ide itu menjadi tulisan yang utuh. Proses menulis pun jadi lebih cepat, tidak membuang-buang waktu.

5. Fokus pada Kualitas

Dalam menulis, usahakan agar kita tetap fokus mengejar kualitas. Jangan sampai karena ingin cepat selesai, akhirnya kita melakukan plagiat atau hal terlarang lainnya. Jikapun tulisan tidak selesai dalam sekali duduk, bisa kita lanjutkan esok hari. Ya, mulailah menulis dengan menghasilkan karya berkualitas, yaitu karya orisinal.

6. Reviu Kembali Tulisan

Setelah selesai menulis, aku biasanya mereviu kembali tulisan itu. Ini memang memakan waktu, tapi melakukan swasunting menurutku adalah bagian penting dalam menulis. Tak boleh dilewatkan. Proses ini untuk meminimalkan kekeliruan dan kesalahan dalam penulisan.

7. Banyaklah Membaca

Kunci dari efektivitas waktu menulis adalah ketersediaan ide di dalam kepala kita. Menurutku hal itu hanya bisa dilakukan dengan banyak membaca. Penulis harus banyak membaca agar di kepalanya ada wacana, ide, dan gagasan untuk dituangkan.

***
Memang, pada akhirnya kembali kepada diri kita sendiri, tetapi apa yang sudah kulakukan seperti tertulis di atas barangkali bisa menjadi contoh. Siapa tahu ada juga yang mengalami hal serupa. Tentu, aku sangat terbuka, bila kawan-kawan punya tips lainnya, silakan tik di kolom komentar. Terima kasih.

Comments

Formulir Pemesanan via Whatsapp