NaR9Nax9LWVcLGx7LGB6LGJ4NTcsynIkynwdxn1c
Pembelajaran yang Memerdekakan, Meneguhkan Karakter Pancasila - Indar Cahyanto

Pembelajaran yang Memerdekakan, Meneguhkan Karakter Pancasila - Indar Cahyanto



IRFANIBUKU.COM - Pembelajaran yang Memerdekakan, Meneguhkan Karakter Pancasila

"Melalui buku ini, Indar berhasil memotret dan menguliti apa-apa saja yang ia anggap sebagai anomali, ketidaksesuaian, dan kejanggalan dalam dunia pendidikan kita." - Penerbit Irfani

Proses pendidikan sejatinya adalah membangun semangat literasi, yang berarti meneguhkan belajar sepanjang hayat. Hal ini juga meneguhkan peran pendidikan yang dapat mengubah cara pandang dan cara berpikir secara keilmuan. Hal ini yang kemudian membangun peradaban baru akan terbuka jika manusia secara sadar akan pentingnya pendidikan bagi kehidupannya.

Dalam sejarah manusia, tak lepas dari adanya sejarah pendidikan yang di dalamnya terdapat proses interaksi. Semenjak manusia lahir, di dalamnya terdapat unsur pembentukan jati diri yang merupakan wujud eksistensi manusia dalam proses interaksi yang mendapatkan informasi, pengalaman, dan keterampilan baru untuk bisa menikmati kehidupan yang lebih baik. 

Denga begitu, pendidikan harus membuka ruang baru yang merdeka bagi peserta didik untuk berekspresi. Rasa bahagia perlu diciptakan sebagai ruang batin terciptanya keselarasan dalam berinteraksi. Terciptanya belajar sepanjang hayat perlu diwujudkan secara masif dan konsisten sebagai bagian pengembangan karakter diri.

Perubahan dalam mendorong pola pikir yang terbuka dalam ruang kelas butuh inovasi dan kreasi dari guru. Mengajar dengan hati dan didorong rasa empati akan mendorong peserta didik akan termotivasi dalam belajar di kelas. Narasi fundamental semacam inilah yang kita perlukan untuk segera membangkitkan semangat pendidikan kita. Pendidikan yang mencerdaskan dan memerdekakan.

Identitas Buku

Judul: Pembelajaran yang Memerdekakan, Meneguhkan Karakter Pancasila
Penulis: Indar Cahyanto
Editor: Ahmad Soleh
Desain Sampul & Tata Letak: Tim Penerbit Irfani
Cetakan I, Desember 2022
Ukuran, tebal: 15,5x23 cm, vi + 207 halaman
ISBN: -


Comments

Formulir Pemesanan via Whatsapp